Pembelajaran Abad 21

pendidikan

Yang dimaksud dengan pembelajaran abad 21 disini adalah pembelajaran dalam rangka menyingkapi perkembangan yang pesat dibidang teknologi imformasi. Dengan kata lain pada seorang guru harus mampu memanfaatkan teknologi imformasi dalam proses pembelajaran (blended learning).

Fungsi pembelajaran berupa how to know, how to do, how to be dan how to live together sudah tergantikan semua oleh teknologi imformasi. Pada ranah ini guru memberi kebebasan kepada siswa belajar untuk mencari tahu lewat dunia maya.

Merubah Mindset Belajar

Guru harus merubah mindset tentang belajar atau proses pembelajaran. tujuan pembelajaran bukan lagi mencari sekedar nilai-nilai angka dan atau ketuntasan materi. Tetapi proses pembelajaran menghasilkan pengetahuan yang bermakna untuk kehidupan siswa.

Ada tiga pilar yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran yaitu meliputi : Karakter, Literasi dan kompetensi keterampilan 4C.

Pembagian tersebut disebutkan dalam kerangka keterampilan abad 21 yang meliputi: life and career skills, learning and innovation skills, dan imformation,media and technology skills

1. Karakter

Karakter yang dimaksud adalah kebiasaan berupa nilai-nilai moral dan kinerja sebagai hasil internalisasi. Nilai-nilai moral bisa meliputi adab, akhlak, ketakwaan kepada Allah, amanah dan lain-lain. Adapun kinerja berupa hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai dalam melaksanakan fungsinya.

Oleh karena itu diperlukan keterampilan khusus yang disebut dengan life and career skills, meliputi : fleksibilitas dan adatibilitas, inisiatif dan mampu mengatur diri sendiri, interaksi sosial dan antar budaya, produktivitas dan akuntibilitas, serta kepemimpinan dan tanggung jawab.

2. Kompetensi Keterampilan 4k

Kompetensi keterampilan 4k menjadi hal yang sangat penting dalam rangka mempersiapkan pribadi-pribadi tangguh menghadapi tantangan dan berperan secara bermakna dalam era globalisasi di abad 21.

Empat keterampilan tersebut meliputi: komunikasi, kolaborasi, kritikal thinking, dan kreatif.

3. Literasi

Literasi merupakan kemampuan memahami imformasi dan keterampilan  menggunakan teknologi sehingga mencapai kecakapan tertentu. Keterampilan tersebut digolongkan sebagai imformation, media and technology skills, yaitu bentuk keterampilan pemanfaatkan teknologi dalam rangka mendapatkan  imformasi.

Ada dua golongan literasi yang begitu penting dalam pembelajaran ini yaitu literasi membaca dan literasi numerik.

sekolah sunnah

Gedung Ikhwan

Jl. Bulak Ringin No. 6 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas jakarta Timur

sekolah

Gedung Akhwat

Jl. Bulak Ringin No. 6 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas jakarta Timur

sekolah sunnah

Lapangan Futsal

Jl. Bulak Ringin No. 6 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas jakarta Timur

Tentang SDIP IN

Profil

Direktori

Peta Lokasi

Kontak

Tata Usaha

Kepala Sekolah

Waka Kurikulum

Waka Kesiswaan

Kordinator Tahfiz

Penerimaan Siswa Baru

Siswa Kelas 1

Mutasi

Biaya

Kurikulum

Kegiatan Pembelajaran

Tahfiz

Pendampingan

Minat & Bakat

Berita

Agenda

Situs

Fokus