Sekolah Bermanhaj Salaf, SD Islam Plus Imam Nawawi

praktek ibadah

Perkembangan Sekolah Bermanhaj Salaf Di Jakarta

Perkembangan sekolah bermanhaj salaf di Jakarta sangatlah pesat seiring semakin banyak kajian-kajian salaf di Jakarta.

Ada beberapa model sekolah sunnah di Jakarta, ada yang berafialisasi dengan dinas pendidikan dan ada yang dengan departemen agama. Beberapa sekolah bersifat informal hanya memperdalam agama dan hafalan al qur’an.

Setiap orang akan memilih sesuai dengan keinginan masing-masing dan tujuan mereka menyekolahkan di sekolah sunnah. Dengan demikian setiap sekolah sunnah mempunyai pangsa pasarnya sendiri-sendiri

Bagi ikhwan-ikhwan yang ingin memasukkan putra-putrinya ke sekolah yang bermanhaj salaf saat ini menjadi dimudahkan, karena sudah tersebarnya sekolah-sekolah tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bisa memilih sekolah yang  fullday school atau  boarding school. (daftar sekolah sunnah di wilayah jakarta)

Mengapa Harus Memilih Sekolah Bermanhaj Salaf

Pendidikan di sekolah menjadi suatu hal yang sangat penting bagi perkembangan masa depan anak, selain pendidikan yang diberikan oleh keluarga dan lingkungan. Model pendidikan, manhaj yang diajarkan dan kebiasaan-kebiasaan berupa adab dan akhlak maupun ibadah  yang mereka dapatkan di sekolah  akan tertanam di otak bawah sadar dan membentuk membentuk karakter bagi anak-anak kita. Oleh karena itu jangan sampai salah kita memilih sekolah yang tepat buat anak-anak kita. Tentu saja pilihan pertama adalah sekolah yang bermanhaj salafus sholeh. (artikel tentang kemana menyekolahkan anak)

sekolah

SD Islam Plus Imam Nawawi Sebagai Suatu Pilihan

SD ISLAM PLUS IMAM NAWAWI merupakan sekolah sunnah yang berlokasi di daerah cibubur, kecamatan Ciracas – Jakarta Timur.  Dibangun pada tahun 2013 dibawah naungan Yayasan Majlis Ilmu.

Letaknya yang strategis dan mudah dijangkau serta dilalui oleh kendaraan jack linko yang gratis membuat sekolah bisa  menjadi pilihan buat ikhwan-ikhwan yang bertempat tinggal disekitaran Cibubur, Ciracas, Cipayung, Pondok Rangon, Cimanggis, dan Klisari.

Alhamdulillah sekolah telah meluluskan 2 angkatan dengan hasil yang memuaskan. Tempat belajar yang terpisah antara putra dan putri (putra di gedung putra dan untuk putri di gedung putri), fasilitas belajar yang cukup menyenangkan, dimana di setiap kelas disediakan LCD TV dan pendingin ruangan.  Untuk kegiatan olahraga, SD Islam Plus Imam nawawi menyediakan lapangan futsal dan lapangan lain untuk olahraga panahan dan karate.

  • Manhaj Salaf
  • Ahlus Sunnah Wal jamaah
  • Belajar Aqidah Sejak Dini

Metode memahami agama Islam sebagaimana islam yang diajarkan Rosulullah salallahu alaihi wassalam kepada para sahabat (salafus sholeh)

Ahlus sunnah wal jamaah

Adapun Ahlus Sunnah wal Jama’ah, mereka beribadah kepada Allah sesuai dengan yang disyariatkan di dalam al Qur`an dan as Sunnah. Tidak meninggalkan yang diwajibkan oleh Allah, dan tidak menambah dengan hal-hal baru yang tidak ada contohnya dari Rasul. Berdasarkan hadits :

مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa membuat-buat suatu yang baru dalam agama ini yang tidak berasal darinya, maka itu tertolak. [Muttafaq ‘alaih]

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa melakukan satu amalan yang tidak ada dalam agama kami ini, maka itu tertolak. [HR Muslim]

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ

Amma ba’du, sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah Kitabullah, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta seburuk-buruknya adalah perkara baru yang dibuat-buat. Dan setiap yang bid’ah itu adalah sesat. [HR Muslim].

Alqamah rahimahullah berkata, “Segala sesuatu yang kuhafal sejak aku masih belia, maka sekarang seakan-akan aku melihatnya di atas kertas atau lembaran catatan.” (Jami’ Bayanil ‘Ilmi wa Fadhlih, I/30)

Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/11298-mengajarkan-akidah-sejak-dini.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *