Sekolah Sunnah; Mendidik Anak

Sekolah sunnah sebagai alternatif utama dalam pemilihan pendidikan dalam rangka menghasilkan anak-anak yang sholeh

Perkembangan Anak

Semua orang punya keinginan yang sama. Ketika lahir orang tua menginginkan anak ini tumbuh sehat, lucu, dan menjadi penyejuk pandangan mata. Setelah anak beranjak tumbuh, orang tua menginginkan anak-anaknya tumbuh cerdas, mampu mengukir segudang prestasi dan pencapaian-pencapaian lainnya.

Pertanyaan adalah akankah semua keberhasilan tersebut bermanfaat bagi kita di dunia dan di akhirat? Kita belum bisa memberikan jawaban yang pasti.

Seiring dengan perkembangan anak tersebut, terkadang mendapatkan problematika ketika anak-anak yang diharapkan tersebut menjadi anak yang durhaka. Prestasinya luar biasa tetapi sangat tidak hormat kepada orang tua. Orang tua bekerja keras, peras keringat demi masa depan anaknya. Kasih sayang mereka tercurah dalam membesarkan anak-anaknya. Tetapi ketika diusia senja, tak segan-segan si anak membentak dan terkadang menghinanya. Ada beberapa yang sangat tega untuk menitipkan orang tuanya di panti jompo.

“Seiring dengan perkembangan anak tersebut, terkadang mendapatkan problematika ketika anak-anak yang diharapkan tersebut menjadi anak yang durhaka. Prestasinya luar biasa tetapi sangat tidak hormat kepada orang tua. “

Anak Yang Bermanfaat

Apakah anak kita bisa menjadi anak yang bermanfaat. bermanfaat di dunia dan di akhirat. Apabila ketika orang tua masih hidup di dunia, anak-anak sering durhaka, akankah anak tersebut akan memberikan manfaat ketika orang tuanya telah meninggal. Disatu sisi orang tua harus mempertanggung jawabkan di hadapan Allah Subhana Wa ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman,

وَأَنْ لَيْسَ لِلإنْسَانِ إِلا مَا سَعَى

Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An Najm: 39).

Dan firman Allah yang lain:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Berdasarkan firman Allah tersebut, anak sholeh menjadi suatu aset yang diharapkan ketika orang tua sudah meninggal. anak sholeh yang senantiasa mendoakan, minta ampunan kepada kedua orang tuannya. anak-anak seperti inilah yang dikatakan sebagai anak yang bermanfaat buat orang tuanya.

Sederet gelar, prestasi bahkan kekayaan yang dibanggakan di dunia yang telah diraih oleh anak, tidaklah menjadi bermanfaat bila tidak disertai keimanan. Harta-harta mereka tidak berguna bila tidak dipergunakan untuk beramal. Prestasi dan gelar tidak berguna bila mereka tidak beribadah kepada Allah. Adapun doa anak kepada orang tuanya hanya bermanfaat bila diserta dengan kesholehan.

sekolah sunnah

Sekolah Sunnah

Kebutuhan pendidikan menjadi hal yang sangat penting dalam rangka menjadikan anak-anak bisa tumbuh menjadi anak-anak yang sholeh. Selain pendidikan di rumah yang diberikan oleh orang tua, maka sekolah menjadi alternatif dalam menanamkan nilai-nilai aqidah, nilai-nilai adab/akhlak dan memberikan landasan tentang cara beribadah yang sesuai dengan tuntunan Rosulullah salamlah alaihi wassalam.

Sekolah sunnah tentunya menjadi pilihan utama. Banyak sekolah dengan segudang prestasi tetapi kurang dalam mengajarkan nilai-nilai keagamaan. Adapula sekolah yang mengajarkan nilai-nilai agama, tetapi pemahamannya yang tidak sesuai dengan metode pemahaman shalafus sholeh. Oleh karena itu orang tua harus berusaha mencarikan sekolah sekolah yang pembelajaran agama islamnya cukup dan pemahamannya yang benar dan shohih.